Semoga berkat Tuhan senantiasa melimpah bagi kita. Amin

7 Manfaat berdoa

7 Manfaat berdoa
Berdoa
7 Manfaat berdoa-Doa adalah sebuah kebaktian yang mencakup segala sikap roh manusia dalam hubunganya dengan Allah. Doa merupakan sarana untuk berkomunikasi kita dengan Allah dan merupakan sarana persekutuan dengan Allah.

Berikut ini adalah beberapa manfaat berdoa.

     1.   Doa mengubah ketakutan menjadi kekuatan

Ketakutan hanyalah merupakan bayang-bayang dalam kehidupan kita, ketakutan yang kita rasakan juga belum tentu akan terjadi. Hal tersebut yang membuat alam bawah sadar kita terbelenggu dan seolah-olah akan terjadi. Ketika berdoa, kita memohon pertolongan Tuhan dan membangun sugesti dalam pikiran kita bahwa ketakutan kita tidak akan terjadi.              
2 Taw 20:3, Luk 22:44

2.   Doa dapat menghasilkan sesuatu yang tidak ada menjadi ada.

Ketika kita memohon / meminta sesuatu kepada Tuhan, mintalah itu dengan iman dengan penuh kepercayaan bahwa permintaan kita akan terpenuhi.
Mat 7:7

3.   Doa Mengubah sesuatu yang musatahil menjadi mungkin.

Jika jaman dahulu Yesus sanggup melakukan mukjizat, pasti saat ini dan setiap dalam kehidupan kita, Yesus sanggup untuk mengubah sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin.
kis 9:40

4.   Memelihara pertumbuhan rohani kita.

Doa merupakan dialog dua arah bukan satu arah, ketika kita berdoa kita akan menjalin relasi dengan Tuhan. Seperti halnya kita berelasi dengan orang yang akrab dengan kita. Dengan berdoa akan menumbuhkan iman rohani kita.
Rm 5:3-5

5.   Berjaga-jaga supaya tidak terjatuh pada pencobaan.

Dalam kehidupan kita, iblis memiliki banyak tipu muslihat untuk menghancurkan hubungan kita dengan Tuhan. Melalui doa, kita berjaga-jaga agar tidak terjatuh oleh pencobaan dari iblis.
Mat 26:41

6. Menerima rahmat dan menemui kasih karunia untuk mendapat pertolongan yang tepat pada waktunya.

Allah akan menunjukan jalan, bagaimana kita dapat menerima berkat dan anugerah, melalui berdoa dengan sepenuh hati dan dengan keyakinan penuh. Walaupun seakan tiada jalan, namun melalui sebuah doa kita akan mendapatkan pertolongan yang tepat pada waktunya.
Ibr 4:16

7.   Memperoleh damai sejahtera

Damai sejahtera sebenarnya sudah kita terima dalam kehidupan kita, hanya terkadang banyak masalah dan beban hidup yang menjadi kita kehilangan damai sejahtera. Namun melalui doa, kita diingatkan lagi bagaimana kita bersyukur dan menikmati setiap anugerah yang telah kita terima.
Flp 4:7

Tuhan merencanakan yang terbaik untuk kita, Tuhan tahu yang terbaik buat kita dan lebih mengetahui jauh kedepan tentang hal-hal yang baik atau buruk untuk kita.

Jawaban atas doa kita ada 3, yaitu:

a.   Ya
Jawaban Tuhan dengan mengabulkan setiap permintaan dan sesuatu yang menjadi keinginan kita. Ketika Tuhan mengabulkan permohonan kita, ekspresi kita pasti senang dan bahagia.

b.   Tunggu
Menunggu adalah hal yang membosankan, terkadang ketika kita menunggu seakan-akan kita hampir kehilangan pengharapan dan kita berfikir doa kita tidak dikabulkan. Tuhan sedang memberikan ujian tentang kesabaran, ketika kita menunggu jawaban atas doa kita.

c.   Tidak
Tuhan tidak mengabulkan doa kita, karena Tuhan tahu pasti yang menjadi doa kita itu bukanlah yang terbaik untuk kita.

Pertanyaanya adalah:
Sudahkah anda berdoa?

Terima kasih telah membaca artikel 7 manfaat berdoa, bila artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan keteman-teman anda.

No comments:

Post a Comment