Semoga berkat Tuhan senantiasa melimpah bagi kita. Amin

Manfaat membaca Alkitab

Manfaat membaca Alkitab
Alkitab

Berikut ini adalah beberapa manfaat membaca Alkitab

 1. Membawa dan menuntun pada jalan keselamatan  

Manusia di dunia cenderung mencari jalan hidupnya sendiri, menganggap benar pikiranya, menganggap lurus jalan hidupnya, menganggap baik setiap kelakuanya, akibatnya manusia tersesat. Hal terpenting dalam kehidupan bukanlah menyanggkut pada kehidupan saat ini saja, namun kehidupan setelah kematian.
(2 Tim 3:15-16, Mat 4:4)

2. Memberi sukacita
Sukacita adalah buah roh, sukacita adalah sebuah kasih karunia, sukacita dihasilkan dalam diri kita oleh karena kasih karunia Allah. Sukacita berbeda dengan kebahagiaan. Kebahagiaan atau kesenangan berada di jiwa. Sukacita berada di dalam roh, sukacita bertahan untuk membela keberadaan kita dihadapan Tuhan.
(Yoh 15:11, Gal 5:22)

3. Memberikan damai sejahtera
Damai sejahtera dapat mengacu pada perasaan pribadi seseorang ketika lengkap dan sejahtera, terbebas dari segala kekawatiran dan merasa tentram dalam jiwa.
(Mzm 119:165, Yoh 16:33)

4. Memulihkan hubungan manusia dengan Tuhan dari Dosa 

Manusia sering terjatuh dalam kubangan dosa. Tuhan memiliki keinginan untuk memulihkan manusia. Bagaikan bejana tanah liat di tangan seorang penjunan, apabila rusak akan dipulihkan kembali.
(Mzm 119:176, 1 Yoh 1:9, Yoh 17:17, Yoh 15:3, Yes 59:2)

5. Membimbing dan memberikan hikmat dalam membuat keputusan dalam hidup

Setiap kehidupan, Tuhan memberikan kehendak bebas kepada manusia. Manusia dihadapkan pada setiap pilihan untuk mengambil keputusan. Alkitab merupakan pedoman, petunjuk arah, nasehat untuk mengambil keputusan-keputusan yang baik dan merupakan patokan untuk menilai sesuatu.
 (Mzm 119:105, Mzm 119:99, Ams 3:5)

6. Memperoleh penguatan / peneguhan atas iman

Dalam kehidupan manusia pasti tidak luput dari masalah, terkadang melalui berbagai masalah dapat mengancam keimanan kita. Setiap apapun yang terjadi Tuhan pasti memberikan kita yang terbaik. Masalah terkadang melatih kita dan memberikan kita pelajaran dalam hidup.
(Yos 1:9, Yes 40:31, Ul 31:6, Fil 4:13)

7. Memiliki pengharapan dalam hidup

Pengharapan berarti memohon, meminta, suatu keinginan supaya sesuatu terjadi seperti keinginan kita. Janganlah berharap pada manusia, Tuhan yang empunya segala-galanya pasti sanggup menuntun dalam kehidupan kita.
(Roma 8:24-25, Ams 23:18, Yes 42:3)


Terima kasih anda telah membaca manfaat membaca Alkitab, bila artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke teman-teman ada. Semoga anda lebih rajin membaca Alkitab.




No comments:

Post a Comment