Semoga berkat Tuhan senantiasa melimpah bagi kita. Amin

Manfaat Bersyukur


Manfaat Bersyukur
Bersyukur
Manfaat Bersyukur-Tuhan telah menciptakan dan dan telah memberi kita semuanya, termasuk kehidupan yang kita jalani hingga saat ini. Setiap hari ketika kita bangun pagi dan kita masih merasakan adanya kehidupan, itu merupakan anugerah Tuhan yang begitu besar dalam kehidupan kita. Kita mengucap syukur bukan pada keadaan, tetapi kita mengucap syukur pada Tuhan, walaupun keadaan yang menimpa kita buruk sekalipun, Tuhan pasti akan menunjukan kebaikan kepada kita.

Dalam Alkitab terdapat juga tokoh-tokoh yang senantiasa  belajar untuk mengucap syukur dalam segala hal, dalam segala situasi dan kondisi. Tokoh tersebut antara lain:

Raja Daud.
Ketika membaca Alkitab, kita menemukan bahwa Raja Daud dalam mazmur-mazmurnya banyak memberikan motivasi dalam kehidupan kita. Dalam keadaan apapun, senang, susah, di kejar-kejar musuh, Daud selalu mengungkapkan bahwa Tuhan itu baik, tentu saja Daud telah banyak melewati proses permurnian batin dari Tuhan melalui masalah hidup yang di alaminya.

Rasul Paulus
Rasul Paulus menceritakan bahwa dalam memberitakan Injil, ia mendapatkan hambatan, rintangan dan tantangan dalam hidupnya (2 Kor 11:24-29). Namun ketika dalam kesesakan itu, rasul Paulus tidak pernah bersungut-sungut, frustasi maupun putus asa. Justru dalam penjara, rasul Paulus memberikan motivasi kepada Jemaat di Filipi agar mereka selalu mengucap Syukur.

Hidup yang selalu mengucap syukur akan membuat kehidupan kita menjadi indah. Dalam keadaan apapun, hendaknya selalu mengucap syukur kepada Tuhan. Saat senang maupun susah, kita harus senantisa bersyukur kepadaNya.

Banyak manfaat ketika kita bersyukur, hal-hal positif akan berada dalam kehidupan kita, berikut ini adalah manfaat bersyukur.

Manfaat bersyukur secara rohani

1. Kita semakin mengerti bahwa Allah tidak berdiam diri.

Apapun keadaan, situasi dan kondisi yang kita alami dan hadapi, dengan mengucap syukur, kita disadarkan bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan kita. Hanya kitalah yang sering meninggalkan Tuhan.
Rom 8:28

 2. Kita semakin menjadi pribadi yang positif

Dengan mengucap syukur selalu, kita akan memiliki karakter dan juga kepribadian yang positif. Pola pikir kita akan berubah dari negatif menjadi positif dengan membiasakan diri kita untuk selalu mengucap syukur.
Fil 4:8

3.     Semakin dewasa dalam iman

Ketika kita mengucap syukur, rohani kita akan bertumbuh. Pertumbuhan dalam hal rohani akan memupuk kedewasaan rohani kita. Setiap masalah dalam kehidupan kita akan membuat kita semakin kuat dan lebih dewasa dalam iman.
Kol 2:6-7

 4.     Menjadi pribadi yang memberkati dalam setiap ucapan kita.

Mengucap syukur secara tidak langsung akan mempengaruhi cara berkomunikasi kita dengan Tuhan dan juga dengan sesama. Kata-kata yang terucap akan senantiasa memberi semangat kepada yang patah semangat. Kata-kata positif akan membangun / menjadi kekuatan orang lain. Dengan selalu mengucap syukur akan membuat kata-kata kita memberkati orang yang mendengarnya.
Ibr 13:15

Manfaat bersyukur jasmani
1.     Menurunkan tingkat stress
2.     Melancarakan tekanan darah
3.     Membantu pemulihan setelah operasi
4.     Gaya hidup menjadi positif
5.     Menurunkan tingkat depresi
6.     Memperpanjang umur

Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah dalam Kristus Yesus bagi kamu.(1 Tes 5:18)

Terima kasih telah membaca artikel manfaat bersyukur, bila bermanfaat silahkan bagikan ke teman-teman anda.


1 comment: