Semoga berkat Tuhan senantiasa melimpah bagi kita. Amin

Kenalilah Tujuh Dosa yang mematikan ini

Kenalilah Tujuh Dosa yang mematikan ini
Dosa
Kenalilah Tujuh Dosa yang mematikan ini-Dalam kekristenan di kenal dengan 7 dosa yang mematikan. Dosa tersebut dikatakan mematikan karena sangat berdampak besar bagi kehidupan seseorang dan sesamanya. Orang yang menghargai anugerah keselamatan akan bersikap serius dalam melawan dosa yang mengintai dimanapun dan kapanpun.

Ketujuh dosa tersebut yaitu:

1.    kesombongan

sombong
Kesombongan atau kecongkakan  adalah awal dari segala dosa, bukan berarti semua dosa berasal dari kesombongan, tetapi karena semua dosa secara tidak langsung timbul dari kesombongan. Kesombongan adalah hasrat berlebih dimana manusia menilainya dirinya terlalu tinggi. 

2.    keserakahan

serakah
Keserakahan adalah suatu keinginan yang tidak terkendali atas materi atau harta duniawi. Keserakahan merupakan wujud dari ketidakmampuan membedakan keinginan dari kebutuhan. Sikap serakah menandakan seseorang tidak berserah pada pemeliharaan Tuhan. Sebagai akibatnya, orang akan merasa tidak cukup / selalu merasa kurang di dalam kehidupanya. Korupsi juga merupakan dosa keserakahan yang sering kita dengar dalam kehidupan kita.

3.    Iri hati

Iri hati
Iri hati merupakan suatu kekecewaan atau kecemburuan terhadap orang lain. Seorang yang iri hati akan menggap apa yang dimilikinya selalu lebih buruk dari orang lain, seolah-olah apa yang telah dimiliki tidak merasa puas. Orang yang iri hati menyebabkan ketidakbahagiaan dalam dirinya, orang tersebut mengharapkan kemalangan orang lain.

4.    Kemarahan / amarah


Kemarahan
Kemarahan berasal dari kata marah adalah merupakan emosi yang secara fisik mengakibatkan peningkatan denyut jantung, tekanan darah, tingkat adrenalin dan non adrenalin.

Kemarahan disini dimaksudkan adalah sikap murka dan memiliki keinginan untuk balas dendam. Kemarahan yang tidak bisa dikendalikan dapat menghancurkan seseorang (destruktif). 

5.    Hawa nafsu

Hawa nafsu
Hawa nafsu yang dimaksudkan adalah hawa nafsu seksual, atau sering disebut dengan percabulan. Kebiasaan buruk hawa nafsu akan menghasilkan dosa berat melawan kemurnian yaitu : dosa perzinahan, perselingkuhan, pornografi, mastrubasi, pelacuran, pemerkosaan dan tindakan seksual yang menyimpang lainya.

6.    Kerakusan

rakus
Kerakusan memiliki pengertian mengkonsumsi secara berlebihan sesuatu sehingga akan mencapai sebuah titik tertentu yang sia-sia atau terbuang sia-sia. Kerakusan disini berhubungan dengan hasrat berlebih akan makanan dan minuman. Sesuatu yang berlebihan tidaklah baik, seperti kerakusan, akan berakibat buruk bagi kesehatan dan kehidupan kita.

7.    Kemalasan

Malas
Kemalasan adalah suatu kejemuan yang berhubungan dengan hal-hal rohani. Kemalasan merupakan suatu kesedihan yang menindas dan begitu menekan pikian seseorang sehingga ia tidak ingin melakukan perbuatan atau aktivitas apa-apa. Kemalasan juga merupakan musuh produktivitas dan menghambat kesuksesan, kemalasan diakibatkan dari menunda-nunda waktu untuk melakukan sesuatu, atau melakukan sesuatu dengan setengah hati.

Ketujuh dosa diatas  sangat berpengaruh pada kehidupan kita secara langsung. Dalam surat rasul Paulus kepada jemaat di Roma mengatakan  “sebab upah dosa adalah maut ; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita” (Rom 6:23) . Sebagai orang yang percaya kepada Kristus, seharusnya kita menjauhi ketujuh dosa ini untuk dapat menikmati setiap kehidupan kita.

Terima kasih telah membaca artikel Kenalilah Tujuh Dosa yang mematikan ini, jika bermanfaat, silahkan share / bagikan keteman-teman anda.

Untuk melawan tujuh dosa yang mematikan, baca juga cara menghadapi tujuh dosa yang mematikan.


3 comments:

  1. aminn,,tp saya belum bisa mengendalikan poit yg ke 5

    ReplyDelete
    Replies
    1. shalom oktav almet, terima kasih telah berkunjung.
      hawa nafsu memang sangat dekat dengan kita, cobalah dengan melakukan hal-hal positif dan menghindari hal yang dapat menimbulkan hawa nafsu dan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.

      Delete
  2. Daging emang besar, lawan dgn firman

    ReplyDelete