Semoga berkat Tuhan senantiasa melimpah bagi kita. Amin

Cara menghadapi Tujuh dosa yang mematikan

cara menghadapi tujuh dosa yang mematikan
Lepas dari belenggu dosa
Cara menghadapi Tujuh dosa yang mematikan-Setelah membaca Kenalilah Tujuh Dosa yang mematikan, berikut ini cara untuk melawan setiap dosa-dosa yang mematikan tersebut. 

1.   Melawan kesombongan dengan kerendahan hati.
Cara untuk mengatasi kesombongan adalah dengan mengolah hati untuk selalu merendahkan diri dihadapan Tuhan dan juga sesama. Sikap rendah hati mendorong kita untuk menerima  setiap kelemahan dan kelebihan kita dan juga orang lain. Kita patut mencontoh sikap Kristus yang merendahkan diri (Flp 2:5-8)

2.   Melawan keserakahan dengan kemurahan hati.
Kemurahan hati adalah cara untuk melawan keserakahan. Mencukupkan diri dengan apa yang ada atau menerima setiap berkat dari Tuhan akan menjadikan hidup kita lebih berarti, dari pada terus mengeluh merasa tidak cukup. Kalau kita selalu berterima kasih setiap pemberian Tuhan, maka kita akan mudah terdorong untuk bisa membatu atau berbagi dengan yang lain. Rasul paulus juga menekankan kemurahan hati. (2 Kor 8:1-15)

3.   Melawan iri hati dengan bersyukur.
Bersyukur adalah rasa terima kasih, perasaan atau sikap positif untuk menghargai setiap apa yang telah diterima. Dengan bersyukur kita tidak dapat menghitung setiap kebaikan Tuhan yang diberikan sepanjang perjalanan kehidupan kita. (Mzm 42:6-7)

4.   Melawan kemarahan dengan pengampunan.
Pengampunan merupakan kesediaan untuk memaafkan setiap apa yang telah membuat kita terluka dan tidak menyimpan dendam dalam hati. Memberikan pengampunan bukan hal yang mudah, apa lagi hal yang sama berulang-ulang. Rasul paulus mengajak kita untuk memberikan pengampunan kepada sesama (Ef 4:32).

5.   Melawan hawa nafsu dengan Kemurnian hati.
Dengan kemurnian hati, kita terhindar dari hawa nafsu yang selalu mengintai diri kita.  Memelihara pikiran yang jernih dan melawan hawa nafsu dapat melatih keutamaan pengendalian diri kita. ( 2 Tim 2:22 ).

6.   Melawan kerakusan dengan penguasaan diri.
Penguasaan diri kita untuk menjalani pola hidup sehat dapat mencegah kerakusan. Ketika kita melakukan pola hidup sehat, maka kita membatasi setiap apa yang kita makan dan minum yang dapat berakibat dalam kesehatan kita. ( 2 Kor 8:1-15 ).

7.   Melawan kemalasan dengan ketekunan.
Tidak menunda-nunda pekerjaan dapat membuat kita menjadi tekun, menjauhkan kemalasan. Setiap  kita menunda-nunda pekerjaan apapun, maka akan ada pekerjaan yang lain yang akan tertunda juga. Ketekunan akan membuat apa yang kita lakukan, entah pekerjaan atau apapun, menjadi cepat terselesaikan. Ketekunan juga merupakan kesuksesan setiap orang dalam melakukan pekerjaan.
(Luk 8:15)

Memang di dunia ini tidak ada seorangpun yang tidak  mempunyai dosa. (Rom 3:32), tetapi yang menjadi permasalahan adalah ketika kita sudah percaya kepada Kristus Yesus, seharusnya kita memiliki tingkat rohani yang semakin dewasa, dimana kita harus semakin serupa dengan Kristus.  Mari kita terus berjuang untuk melawan dosa.

Selamat Berjuang…..

Terima kasih telah membaca artikel Cara menghadapi Tujuh dosa yang mematikan. Bila artikel ini bermanfaat silahkan share / bagikan ke teman-teman anda.


No comments:

Post a Comment