Semoga berkat Tuhan senantiasa melimpah bagi kita. Amin

Tentang Akhir zaman

Mrk 13:24-32

Tentang Akhir zaman-Di dunia ini  tak seorangpun dapat memperdiksi datangnya akhir zaman, para scientis mencoba mengemukakan teori-teori mereka tentang datangnya akhir zaman, tetapi mereka masih meraba-raba, beberapa aliran sesat mencoba mengemukakan waktunya secara persis baik tanggal maupun jamnya, namun hasilnya bumi ini tetap ada, jelas kita tidak akan tau saat itu akan tiba, tapi kita percaya bahwa suatu saat waktu itu akan datang juga. Karena Tuhan sendiri telah mengatakanya. Yang pasti adalah Ketika Yesus memberitahukan akhir zaman segera tiba Dia tidak bermaksud untuk member rasa takut bagi para pengikutnya, melainkan harapan dan ajakan untuk senantiasa siap sedia dalam menyongsong saat itu. 

Maka sebenarnya ada dua hal yang ditekankan oleh Tuhan, bahwa ada pengharapan dan bahwa pengharapan itu harus dihidupi dalam kekinian. Apa maksudnya, yang pertama, ada pengharapan akan hidup kekal bagi setiap orang yang percaya pada Tuhan. Tuhan Yesus tidak ingin kita kawatir tentang akhir zaman. Untuk saat ini yang paling nyata adalah saat kematian kita nanti. Dengan kata lain, pesan yang dibawa oleh Tuhan bukanlah merupakan pesan yang pesimistis melainkan pesan optimistis. Suatu pesan yang mengandung harapan dan janji, bahwa bila saat itu tiba setiap orang beriman akan memperoleh kehidupan yang kekal, yaitu kehidupan yang jauh lebih baik dari kehidupan yang kita alami saat ini.

Ketika Tuhan sudah berjanji, maka Tuhan akan menepatinya. Yang kedua, pengharapan akan kehidupan kekal itu harus di bangun mulai dari sekarang dalam kekinian. Dengan kata lain jangan tunda-tunda dalam mempersiapkannya, ketika Tuhan Yesus berkata bahwa hari atau jamnya tidak diketahui itu berarti, saat penghakiman adalah sekarang maksudnya adalah penghakiman akhir zaman itu terkait dengan apa yang saya lakukan sekarang, mulai detik ini. Oleh karena itu konsep akhir zaman bukan merupakan ancaman, melainkan sebuah peringatan untuk berbuat lebih baik dalam sisa hidup kita yang sangat terbatas. Suatu hari nanti setiap orang mesti siap sedia mempertanggung jawabkan kehidupanya di hadapan Allah. Dan jelas kehidupan kekal nanti akan sangat ditentukan oleh kehidupan yang sekarang ini. 

Kita pasti sulit untuk menghidupi pengharapan hidup kekal, masalahnya kita belum mengalaminya sementara kita hidup dalam suatu zaman dimana segala sesuatu dibuktikan secara kasat mata dan logis, namun segala sesuatu yang belum dialami bukan berarti sesuatu tidak ada. Disamping itu kesulitan juga timbul karena kita hidup di dunia yang penuh dengan tantangan dan persoalan, kerap kali kita sulit menyeimbangkan antara komitmen yang teguh dengan godaan dunia yang menggoyahkan. Namun, bukankah emas selalu harus dimurnikan dalam api terlebih dahulu. Demikian dengan iman kita, kita harus dimurnikan terlebih dahulu lewat dunia yang penuh tantangan ini. Jika kita tidak ingin dimurnikan oleh Tuhan dalam api penyucian nantinya, maka kita berusaha memurnikan diri kita mulai dari sekarang. Kita patut bersyukur karena masih diberikan kesempatan untuk memperbaikinya, mari kita hargai dan gunakan setiap waktu yg diberikan Tuhan sebagai kesempatan untuk bertobat. Gbu

demikan artikel Tentang Akhir zaman, semoga bermanfaat.


Insp DFJ Ps Hendy

No comments:

Post a Comment