Semoga berkat Tuhan senantiasa melimpah bagi kita. Amin

Bagaimana cara menyikapi kegagalan hidup

Bagaimana cara menyikapi kegagalan hidup
Menyikapi kegagalan hidup

Bagaimana cara menyikapi kegagalan hidup-Setiap orang pasti pernah mengalami situasi kegagalan hidup. Kegagalan dalam hidup tentu saja memiliki penyebab yang berbeda-beda, banyak fakor yang bisa mempengaruhi kegagalan dalam hidup. Entah gagal karena faktor dalam diri kita atau bisa juga karena orang lain.

Selama manusia mengembangkan diri dalam kehidupan, maka kegagalan merupakan hal yang wajar. Kegagalan sendiri merupakan suatu proses pembelajaran dari setiap apa yang kita usahakan.

Dalam kegagalan setidaknya kita telah mendapatkan sesuatu hal yang sangat berharga dalam kehidupan. Dalam kegagalan kita belajar tentang kebijaksanaan, kerendahan hati dan sikap untuk terus belajar. Banyak orang-orang yang sukses mengalami banyak kegagalan terlebih dahulu.

Kegagalan yang merupakan sebuah proses bukan merupakan sebuah situasi. Situasi gagal tidak berarti benar-benar gagal, karena kegagalan yang sebenarnya adalah suatu proses panjang dimana kita bereaksi negatif terhadap masa lalu sehingga akan menyebabkan siklus kegagalan yang berulang. Jika kita pernah gagal berarti memiliki pengalaman untuk tidak terjatuh pada hal yang sama.

Belajarlah tidak takut untuk gagal. Banyak orang bilang bahwa kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda. Ketika gagal seringkali disertai dengan rasa tertolak yang dalam. Perasaan itu seolah-olah semua orang menolak diri kita.

Orang yang bangkit dari kegagalan adalah orang yang tidak mendasarkan kelayakan diri diatas kinerja. Orang yang takut gagal adalah orang yang tidak mau bertumbuh dalam kehidupanya. Belajar memaafkan diri sendiri dalam situasi kegagalan akan mempengaruhi sikap dalam kehidupan.

Berikut ini adalah bagaimana sikap kita untuk menyikapi kegagalan  dalam hidup.
1.   Bangkit dari kegagalan.
Tidak perlu menghitung berapakali kita gagal dalam setiap kehidupan kita. Tidak perlu juga untuk menyesali setiap kegagalan yang sudah terjadi. Bangkit, memperbaiki diri dan memandang masa depan akan lebih penting untuk kita lakukan. Hendaklah jangan, jangan berkecil hati, jangan putus asa dan jangan menyerah.
Filipi 3:13 mengatakan bahwa melupakan masa lalu dan mengarahkan kepada kehidupan kedepan.

2.   Membangun kekuatan spriritual
Mengalami kegagalan akan mempengaruhi sikap hidup kita secara tidak langsung. Untuk itulah sebaiknya membangun kekuatan spriritual dari dalam diri, agar mengalir energi positif untuk membangun kehidupan kita lebih baik lagi dan diperbaharui hari demi hari (2 Kor 4:16).

3.   Membangun harapan masa depan
Kita percaya bahwa rancangan yang Tuhan berikan dalam kehidupan kita adalah bukan rancangan kecelakaan tetapi adalah rancangan damai sejahtera untuk memberikan kehidupan yang penuh dengan harapan (Yer 29:11). Tetap optimis untuk menyongsong kehidupan kita yang lebih baik.

4.   Berdirilah teguh dan jangan goyah
Berdirilah teguh dan janganlah goyah untuk mengusahakan kehidupan yang lebih baik. Setiap kegagalan yang terjadi jangah menjadi luka dalam diri kita, tetapi jadikan motivasi untuk bangkit lagi. Rasul Paulus juga mengingatkan kita untuk berdi teguh dan jangan goyah (1Kor 15:58a)

Tetap semangat dalam menjalani kehidupan, sukses dan gagal adalah merupakan satu paket yang tidak bisa dipisahkan. Maka marilah ketika kita gagal, jangan larut terlalu lama dalam kegagalan, tetapi bangkit dan tatap masa depan yang penuh dengan harapan.

Terima kasih telah membaca artikel bagaimana cara menyikapi kegagalan hidup, bila artikel ini bermanfaat silahkan share/bagikan keteman-teman anda.

Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment