Semoga berkat Tuhan senantiasa melimpah bagi kita. Amin

Inilah obat sakit hati yang harus anda ketahui

obat sakit hati
Obat sakit hati
Inilah obat sakit hati yang harus anda ketahui-Setiap manusia pasti pernah mengalami yang namanya sakit hati. Sakit hati merupakan masalah yang umum terjadi dalam kehidupan manusia, secara manusia memiliki pribadi dan watak yang berbeda-beda, melalui perbedaan itu wajar kalau manusia sering berselisih paham, berbeda pendapat yang menyebabkan suatu gesekan dan menimbulkan sakit hati.

Sering sekali kita dengar kata sakit hati dalam kehidupan sehari-hari kita. Berikut ini ciri-ciri orang yang sakit hati.
1.   Memiliki sikap apatis (tidak perduli) pada orang lain
2.   Memiliki perasaan yang sensitif dan mudah untuk tersinggung
3.   Cenderung menjauhkan diri dari pertemuan orang-orang baru
4.   Memiliki sedikit teman atau jarang memiliki sahabat dekat
5.   Memiliki sedikit atau tidak memiliki sama sekali rasa terima kasih
6.   Sering melontarkan kritik pedas yang menyakiti temanya
7.   Mempunyai perasaan benci yang tidak beralasan dalam jangka waktu yang          lama.
8.   Mempunyai sikap keras kepala  dan sering menggerutu
9.   Tertutup terhadap lingkungan sekitar
10.  Mempunyai suasana jiwa yang tidak stabil

Setiap orang yang ingin keluar dari sakit hati pasti memiliki cara yang berbeda-beda untuk melupakan rasa sakit hatinya. Sebaiknya ketika ingin melupakan rasa sakit hati diselesaikan dengan cara yang positif.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengobati sakit hati.
1.   Selalu bersyukur dan ikhlas
Mensyukuri segala yang terjadi dalam kehidupan kita akan membuat keadaan lebih baik. Ketika kita diberikan sesuatu pengalaman yang menyakitkan, disitu Tuhan memberikan ujian supaya kita bisa tahan uji.

2.   Berdamai dan memaafkan orang yang menyakiti kita
Memang bukan hal yang mudah untuk bisa memaafkan orang yang telah membuat sakit hati. Namun kita harus rendah hati memulai terlebih dahulu untuk berdamai. Sebagai orang Kristen pasti kita mengetahui doa Bapa kami yang sering kita ucapkan. Tetapi kita sering melupakan nilai yang terkandung di dalamnya. Dalam doa Bapa kami tersebut terkandung perintah untuk saling mengampuni, di situlah kita sering gagal dalam memparaktekan doa yang diajarkan Yesus kepada kita.

3.   Berdoa kepada Tuhan
Memohon ampun kepada Tuhan atas segala kesalahan dan memohon pertolongan untuk lepas dari rasa sakit hati. Berdoa merupakan kekuatan rohani untuk dapat menghadapi setiap masalah apapun.

4.   Belajar terbuka kepada teman, sahabat atau keluarga
Manusia tidaklah hidup di dunia  hanya seorang diri. Maka dari itu, ketika memiliki masalah kita bisa mencari solusi dengan orang terdekat kita dengan curhat dan share. Hal itu akan lebih membuat tenang pikiran kita. Ibarat beban yang kita miliki, ada orang yang membantu mengangkat beban tersebut.

5.   Milikilah pikiran dan pergaulan yang positif
Dengan berpikiran positif, perasaan negatif akan hilang. Jangan berpikiran negatif dulu terhadap apa yang orang lakukan atau bicarakan. Berada dalam pergaulan yang positif akan menjauhkan kita pada perbuatan yang negatif atau merusak kehidupan kita.

6.   Milikilah hati yang gembira
Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang (Ams 17:22). Memiliki hati yang gembira akan membuat suasana jasmani dan rohani menjadi lebih tenang dan bahagia.

Perasaan tersakiti atau sakit hati itu tidak salah, tetapi yang menjadi masalah adalah bagaimana cara kita menghadapinya. Sakit hati akan menjadi masalah yang besar jika sakit hati tersebut tidak dikendalikan dengan benar maka kepahitan dalam hati akan timbul. Ketika sakit hati berubah menjadi kepahitan, maka hal ini yang akan menghancurkan kehidupan manusia.

Maka jauhkan rasa sakit hati dalam kehidupan anda.

Terima kasih telah membaca artikel Inilah obat sakit hati yang harus anda ketahui, jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan/share keteman-teman anda,

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment