Semoga berkat Tuhan senantiasa melimpah bagi kita. Amin

Cara bertahan dalam masa sukar

cara bertahan dalam masa sukar
berhatahan dalam masa sukar

Cara bertahan dalam masa sukar-Setiap manusia pasti pernah mengalami masa-masa sukar dalam kehidupanya. Apa lagi menjadi seorang Kristen. Menjadi orang pengikut Kristus memang bukan hal yang gampang dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagai Murid Kristus kita harus menyangkal diri, memikul salib dan mengikuti Yesus.

Hidup merupakan sebuah pilihan, dan dalam sukarpun kita diberikan pilihan bagimana kita harus menghadapinya, apakah dengan berpasrah atau berusaha. Semuanya dikembalikan kepada masing-masing individu untuk mengambil keputusan tersebut.

Kehidupan akan terus berjalan, percayalah walaupun dalam masa sukar sekalipun Tuhan tidak pernah meninggalkan kita. Berikut ini cara untuk bertahan dalam masa sukar.

1.      Percaya kepada Tuhan
Dalam kondisi apapun, Tuhan pasti memberikan yang terbaik dalam hidup kita, termasuk dalam hal sukar sekalipun. Rasul paulus dalam suratnya kepada jemat di Korintus mengatakan walaupun di dalam penjarapun rasul Paulus masih bisa bersyukur, karena pencobaan-pencobaan yang kita alami adalah pencobaan yang biasa (1 Kor 10).

Jadi permasalah yang kita alami adalah persoalan yang biasa, terkadang hanya masalah kecilpun kita bersungut-sungut dan mengeluh. Tuhan tau kapasitas kita sebagai manusia yang lemah, Tuhan tidak memberikan masalah yang melebihi batas kemampuan kita.

2.     Mempercayakan segalanya pada pemeliharaan Tuhan.
Dalam Mazmur 37:23,24 mengatakan bahwa Tuhan telah menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepadaNya, walaupun kita jatuh, tidak sampai tergeletak, karena tangan Tuhanlah yang menopang.

Orang yang percaya kepada Kristus bukan berarti kehidupanya bahagia selalu dan tidak ada badai yang menerpa, atau bebas dari masa sukar, bebas dari tantangan dan selalu berhasil, hal tersebut pasti pernah ada dalam kehidupan kita. Dalam kehidupan kita ada saat-saat dimana kita jatuh dan terpuruk, tetapi kita tidak perlu bersedih hati karena tangan Tuhan akan selalu ada untuk menopang dan pemeliharaan Tuhan akan selalu ada untuk kita.

3.     Tetap setia dan bertekun dalam Tuhan
Wahyu 2:10 mengatakan bahwa kita tidak usah takut atas apa yang kita derita, karena iblis akan mencobai kita, hendaklah kita setia sampai mati dan kita akan memperoleh mahkota kehidupan.
Pesan Yesus kepada kita yaitu tidak usah takut untuk menghadapi dan mengalami masa-masa sukar. Memang iblis tidak suka kalau kita semakin dekat dengan Tuhan. Iblis terus mencari cara agar kita menjauh dari Tuhan.

Memang susah untuk bertahan pada masa sukar, tetapi yang pasti ketika kita mau percaya pada Tuhan, mempercayakan semua pada pemeliharaan Tuhan dan tetap setia dan bertekun pada Tuhan, kita akan memperoleh kekuatan baru.

Marilah kita selalu berjuang ketika dalam masa sukar sekalipun.

Terima kasih telah membaca artikel tentang cara bertahan dalam masa sukar, bila artikel ini bermanfaat, silahkan share/bagikan keteman-teman anda.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment