Semoga berkat Tuhan senantiasa melimpah bagi kita. Amin

Keluarga sebagai gereja kecil

Keluarga sebagai gereja kecil-Keluarga merupakan unit  terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari kepala keluarga dan beberapa orang yang berkumpul, tinggal dalam satu atap dalam keadaan saling ketergantungan.
Ciri-ciri keluarga yaitu:

1.Terdiri dari orang-orang dan memiliki ikatan darah atau adopsi
2.Sebagai anggota keluarga hidup bersama-sama dalam satu rumah dan
3.membentuk satu rumah tangga
4.Orang dalam keluarga saling berinteraksi dan saling berkomunikasi.
5.Mempertahankan kebudayaan bersama
Gereja memiliki merupakan sebuah perkumpulan atau himpunan orang yang percaya kepada Yesus Kristen. Gereja perdana adalah persekutuan para murid Yesus dan orang-orang yang percaya Kepada kebangkitan Kristus. Gereja bukan hanya terletak pada bangunanya, tetapi juga dari umat yang percaya pada Kristus.

Keluarga adalah kelompok terkecil dalam gereja. Didalam keluarga terdapat persekutuan yang erat satu dengan yang lainya. Keluarga juga dapat diartikan sebagai gereja kecil.

Sebagai gereja kecil, keluarga merupakan tanda kehadiran Kristus di dunia. Maka dari itu salah satu dari fungsi keluarga adalah menghadirkan Kristus di tengah keluarga, masyarakat dan lingkungan sekitar. Kenapa keluarga di identikan dengan gereja kecil, karena di dalam keluarga memiliki latar belakang realitas yang nyata yang menjadi dasar dari gereja, dasar tersebut yaitu kesatuan, persekutuan dan cinta kasih.

Keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai kristiani. Keluarga adalah dasar dan tempat pertama kali pendidikan dan nilai-nilai keutamaan Kristiani diajarkan dan keluarga merupakan basis pengajaran moral yang pertama dalam diri seseorang.

Gereja kecil dalam keluarga dipanggil untuk mewartakan kerajaan Allah. Jika Rasul Paulus mengatakan bahwa Kristus adalah kepala gereja, maka dalam keluargapun dikepalai oleh Kristus.
Fungsi keluarga sebagai gereja kecil yaitu:
1.   Membentuk persekutuan pribadi,
2.   Mengabdi kepada kehidupan,
3.   Berpartisipasi dan ikut serta dalam pengembangan masyarakat,
4.   Berperan dalam kehdiuan dan perutusan gereja,
5.   Menyelenggarakan pendidikan bagi anak-anak

Keluarga sebagai tempat pewartaan Injil terkait dengan upaya keluarga semakin menghayati kehidupan kristiani yang bermutu. Dasar dari keluarga adalah Injil. Dalam keluarga memiliki peran penting untuk memberikan bekal iman yang kokoh untuk mengarungi kehidupan.

Terima kasih telah membaca artikel keluarga sebagai gereja kecil, jika bermanfaat silahkan share / bagikan ke teman-teman anda.

Semoga bermanfaat.

demikian artikel Keluarga sebagai gereja kecil, semoga bermanfaat.


sumber: ichanchandrablog

1 comment:

  1. Kalau Dalam Agama Islam Namanya Baiti Jannati artinya Rumahku Surgaku. 🙏🙏🙏

    ReplyDelete